Selamat datang di Official Forum IDDM
Silahkan mengunjungi Link viewforum.php?f=2 untuk informasi seputar Pengantar, Cara Register, Cara Posting, dll. Masukkan USERNAME untuk Login, bukan dengan email!
Mohon menghubungi salah satu moderator jika ada pertanyaan

Thomas Sanjaya | PHYSICAL MUSIC COLLECTOR

Konten Interview oleh Team IDDM
kalian boleh menyumbangkan data Interview dengan menghubungi Moderator
Post Reply
Rio Sabaoth
Moderator
Moderator
Posts: 11
Joined: Tue Oct 31, 2017 4:10 am
Location: Manado

Thomas Sanjaya | PHYSICAL MUSIC COLLECTOR

Post by Rio Sabaoth » Fri Mar 09, 2018 4:26 am

Image

1. Sudah berapa lama mengoleksi rekaman fisik & merchandise extreme metal?
- Mungkin udah lebih dari 10 thn ya. Awalnya dulu pas masa kuliah mulai suka beli2. Masih jaman susah, hrs irit nabung2 dulu utk bisa beli cd/kaos impor (meskipun skrg juga tetep harus nabung dulu sih, malah curhat hahaa)

2. Hal apa yang membuat anda ingin rekaman fisik?
- Suka aja. Coba deh rasakan nikmatnya mendengarkan musiknya sambil pegang booklet, baca lirik atau memandang art nya. Dan ada kepuasan klo bisa punya cd/merch band yg kita suka.

3. Apakah Death Metal menjadi fokus utama koleksi anda atau berbagi porsi yang sama dengan genre yang lain?
- Lebih fokus ke DM/BDM. Ya sekitar 90% DM, 10% sisanya campur allgenre

4. Apa ada kriteria tertentu pada suatu band sehingga anda memutuskan untuk mengoleksi albumnya?
- Gak ada kriteria khusus sih. Yg penting musiknya aku suka. Klo utk band2 baru yg aku gak familiar, ada beberapa hal yg bisa bikin aku suka. Biasanya kesan pertama dari art cover. Trs aku lihat siapa sih personilnya. Dari situ mulai tertarik dan cek sample lagu nya.

5. Bagaimana dengan tanggapan bahwa kolektor hanya mengumpulkan saja tanpa perlu benar-benar suka dengan musiknya?
- Wajarnya klo namanya koleksi sih udah pasti suka ya. Masak koleksi barang2 yang gak terlalu disukai. Karena mengumpulkan barang koleksi juga gak semudah itu, perlu extra duit, tenaga, dan waktu utk hunting. Tanpa passion, mungkin (mungkin lho ya) gak akan bertahan lama alias cepet bosen. Tapi ya kembali lagi itu hak mereka, mereka punya gaya masing2 dalam mengkoleksi. Bebas dan sah2 aja menurutku.

6. Setelah sekian tahun berkecimpung dengan hobby koleksi rekaman fisik menurut anda perbandingan musikalitas musisi/band Indonesia dengan musisi luar negeri seperti apa?
- Secara garis besar, kualitas dalam negeri menurutku udah bagus & lumayan berkembang. Kolektor2 luar juga makin banyak yang tertarik mengkoleksi band2 indo. Juga makin banyaknya band2 indo yang konser/tour ke luar negeri. Seharusnya band indo bisalah bersaing dgn band luar.

7. Pendapat anda tentang komunitas Death Metal Indonesia, sejauh pengamatan anda?
- Indonesia sebagai negara besar dengan populasi metalhead yg besar perlu disatukan dalam satu wadah, nah komunitas IDDM ini cukup penting karena inilah salah satu sarana yg mempersatukan metalhead indonesia, khususnya deathmetal. Dan itu juga sebagai identitas yg bisa kita banggakan. Seperti misalnya kalau diluar sana ada TXDM, NYDM, JPDM, dll.

8. Bisa berbagi tips untuk merawat koleksian supaya tidak rusak?
- Usahakan sering2 disetel. Atau setidaknya sering di cek, biar ketauan seandainya ada yg berjamur. Utk kaset usahakan simpen kaset dgn kondisi pita tergulung penuh, pas di pita putihnya (jangan dibiarin pita pas di tengah2, ngerti maksudnya gak ya? Hahaa susah jelasinnya). Kasih silikon gel utk menghindari jamur. Klo saya menghindari kasih kapurbarus di lemari penyimpanan. Selama ini jarang banget sih mengalami jamuran dsb. Ya dijaga kebersihan tempat penyimpanan itu aja sih.

9. Di antara koleksian anda, apa yang paling susah anda cari?
- Bbrpa yg susah didapat dan menurutku cukup beruntung aku bisa punya: Demo immolation, ep pyaemia, ep brodequin, disconformity, mythic, dll.

10. Rekaman fisik yang sekarang sedang anda cari tapi belum dapat saking susahnya?
- Wah banyak banget daftar hunting yg gak dapet2. Tolong bantuin donk hahaa, ini salahsatunya Charlie Christ (symphonies of blasphemy).

11. Apa harapan anda untuk forum IDDM ini?
- Berhubungan dengan poin no 7, sebagai wadah pemersatu ya semoga bisa jadi komunitas yg solid. Makin banyak interaksi disitu, utk saling share informasi & sarana jual beli, dll. Tidak hanya dalam negeri, tapi juga dgn metalhead atau komunitas2 luar negeri. Juga sebagai sarana 'marketing' utk lebih memperkenalkan band2 indo ke dunia luar.



Post Reply